Salim berbagi…. tempat belajar dan berinteraksi….


Kiat Hadapi Balita Susah Makan
February 5, 2010, 8:36 AM
Filed under: BALITA

http://kesehatan.kompas.com/read/2010/02/03/16004113/Kiat.Hadapi.Balita.Susah.Makan

Rabu, 3 Februari 2010 | 16:00 WIB

 
    KOMPAS.com – Balita susah makan atau makan sedikit tapi tidak dihabiskan merupakan masalah nutrisi yang sering dihadapi para ibu. Padahal, nutrisi yang tepat sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

    Rina Poerwadi dari Mom Can Cook, kelas memasak, mengatakan, setiap hari para ibu dihadapkan masalah anak yang sulit makan atau selalu ingin jajan di luar. “Anak-anak zaman sekarang mendapat banyak stimulasi dari luar, seperti dari restoran, televisi, iklan, atau film, sehingga tantangan para ibu menjadi lebih besar,” katanya.

    Rina menjelaskan, memasak dan menyiapkan makanan sendiri bisa dilakukan oleh para ibu untuk memastikan menu yang dikonsumsi anak bergizi. Para ibu bisa mencoba membuat sendiri makanan yang disukai anak di restoran. Misalnya burger atau pizza namun diisi dengan lebih banyak sayur.

    “Triknya adalah meng-entertain anak dengan penampilan visual dan rasa makanan karena itu ibu juga harus kreatif dalam penyajian dan memilih variasi rasa,” papar Rina. Ia menambahkan, anak yang sejak kecil terbiasa dengan makanan bervariasi pada umumnya tidak memiliki masalah dengan pola makan di usia dewasa.

    Bila anak tidak suka makan sayur, ibu bisa menggunakan air rebusan sayur untuk diolah menjadi kuah sup atau memblender sayur. Demikian juga halnya dengan susu. “Banyak makanan enak yang bisa dibuat dari susu, misalnya puding, milkshake, atau kue-kue,” paparnya.

    Rina memberikan kiatnya agar porsi makanan anak dibuat dalam ukuran kecil. “Selain wadah yang menarik, sajikan makanan dalam porsi kecil, misalnya dipotong kecil,” ujarnya.

    Karena kapasitas lambung anak juga masih kecil, sebaiknya jadwal makan dilakukan lebih sering dengan porsi makan sedikit.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: